5 Tips Recovery setelah Lari Marathon
by - July 12, 2022
5 Tips Recovery setelah Lari Marathon
by Soffya Ranti - July 12, 2022

Marathon menjadi event lari yang cukup sering diadakan. Selain memberikan manfaat agar tubuh lebih sehat dan bugar, marathon menjadi ajang untuk bertemu banyak orang.  Menjalin relasi dan memperkuat tali silaturahmi.

Sebelum bergabung dengan marathon kamu tentu harus mempersiapkan latihan fisik yang intens. Terlebih lagi jika baru pertama kali ikut perlombaan lari satu ini. Tak hanya latihan persiapan, setelah marathon kamu juga perlu memperhatikan tips recovery setelah lari agar otot-otot kembali pulih sediakala.

Selengkapnya berikut beberapa tips recovery setelah lari marathon yang bisa dicoba:

Pendinginan
Jangan lupa pendinginan adalah bagian yang tak boleh terpisahkan dari olahraga. Pendinginan membantu mengembalikan otot dan tulang yang kaku. Selain itu dapat melancarkan aliran darah dan suhu tubuh kembali.

Menopang Kaki
Setelah berlari cukup panjang cobalah untuk menopang kakimu. Caranya cukup angkat dan sandarkan kaki di atas bantal hingga setinggi di atas jantung selama 10 hingga 15 menit. Cara ini dapat membantu mengurangi peradangan dan mengurangi otot yang kaku dan menyebabkan nyeri.

Memenuhi Elektrolit dalam Tubuh
Saat berlari tentu kamu akan mengeluarkan banyak keringat yang tidak sedikit. Untuk mengembalikan elekrolit dalam tubuh, penuhi cairan kembali dengan minum air putih atau minuman buah dengan kandungan mineral yang tinggi.

Mandi Air Dingin
Setelah lari marathon disarankan untuk mandi menggunakan air dingin. Air dingin dapat memberikan manfaat antara lain meredakan rasa panas yang timbul akibat berolahraga dan mencegah terjadinya radang otot atau nyeri karena lari marathon.

Namun perlu diperhatikan setelah berlari hindari mandi secara langsung. Beri jeda 20-30 menit hingga keringat mengering.  

Tidur Cukup
Tidur adalah waktu terbaik untuk memperbaiki kelelahan tubuh. Maka dari itu setelah melakukan marathon panjang usahakan untuk tidur dengan durasi yang cukup. Hal ini berguna agar seluruh tubuhmu kembali pulih kembali. (*) 

Foto: Freepik


COMMENTS