5 Manfaat Lari untuk Anak-anak, Salah Satunya Meningkatkan IQ
by - July 09, 2022
5 Manfaat Lari untuk Anak-anak, Salah Satunya Meningkatkan IQ
by Soffya Ranti - July 09, 2022

Lari adalah olahraga yang mudah dilakukan siapa pun. Tak hanya cocok untuk para orang dewasa, lari juga direkomendasikan untuk anak-anak. Lari memiliki manfaat yang luar biasa bagi tumbuh kembang mereka.  

Namun perlu diperhatikan tips-tips mengajak berlari anak-anak. Salah satunya menekankan pentingnya peregangan dan pemilihan sepatu lari yang ideal. Nah apa saja menfaatnya? berikut ini beberapa manfaat lari bagi anak.

Meningkatkan Kesehatan Mental dan Suasana Hati
Olahraga lari tak hanya dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Lari juga bisa meningkatkan suasana hati dan membantu menjaga kesehatan mental. Hal tersebut karena saat berlari tubuh akan menghasilkan hormon endorfin yang dapat memberikan energi positif.

Sebuah Studi Olahraga Inggris 2019 menemukan bahwa anak-anak yang aktif memiliki tingkat kebahagiaan dan ketahanan yang lebih tinggi. Selain itu membuat mereka lebih bersemangat dalam menghadapi sesuatu yang sulit. 

Meningkatkan Motivasi dan Kebahagiaan
Kita tahu bahwa berlari di udara segar akan meningkatkan hormon endorfin. Hormon ini yang berguna untuk membuat anak lebih bahagia dan senang. Tak hanya itu lari menjadi media untuk mengembangkan motivasi diri dan semangatnya.

Terlebih lagi jika kamu mendaftarkan mereka ke ajang kompetisi berlari tingkat anak-anak. Semangat dan motivasi mereka pasti akan terbangun saat berambisi utnuk mendapatkan medali atau hadiah juara berlari.

Meningkatkan Kualitas Tidur
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa setiap anak yang kurang aktif membuat mereka cukup sulit untuk tertidur. Maka dari itu menerapkan berlari secara rutin dapat meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik. Anak yang cukup istirahat akan memiliki badan lebih sehat, bahagia, dan memiliki skill problem solving.

Meningkakan IQ
Berlari akan meningkatkan suplai darah dan oksigen ke otak. Hal ini yang mendorong pertumbuhan sel baru dalam otak. Sehingga berlari bisa memberikan manfaat untuk meningkatkan kesehatan, kosentrasi, serta memori otak yang lebih baik.

Belajar Mengenai Ketekunan
Berlari dapat membantu anak-anak belajar tentang ketekunan. Untuk meningkatkan intensitas berlari tentu tidak dapat instan. Seluruh perkembangan dalam berlari dapat ditingkatkan secara perlahan. Dari sinilah anak bisa belajar bahwa tidak yang instan untuk mencapai sesuatu. Mereka harus bersabar dan tekun dalam menjalani latihan. (*) 

Foto: Runners World


COMMENTS