3 Manfaat Minum Air Dingin setelah Berlari
by - July 11, 2022
3 Manfaat Minum Air Dingin setelah Berlari
by Soffya Ranti - July 11, 2022

Minum air merupakan cara terbaik untuk mengisi kembali cairan selama dan setelah berlari. Terlebih lagi minum air dingin setelah berlari rasanya pasti sangat menyegarkan. Namun sebagian orang terkadang tidak menyarankan minum air dingin setelah lari. Dengan alasan dapat mempengaruhi kesehatan.

Faktanya, minum air dingin setelah berolahraga ternyata memberikan manfaat tersendiri. American College of Sports Medicine (ACSM) dan International Society of Sports Nutrition (ISSM) justru merekomendasikan agar pelari mengonsumsi air dingin saat berlari.

Hal tersebut dikarenakan air dingin dapat menurunkan risiko mengalami dehidrasi. Selengkapnya berikut ini beberapa manfaat minum air dingin setelah berlari.

Menurunkan Suhu Tubuh
Suhu tubuh inti akan naik saat berlari. Maka dari itu, mengonsumsi air dingin dapat bermanfaat untuk membantu menunda kenaikan suhu tubuh. Suhu tubuhmu akan menjadi lebih stabil dan kamu tidak cenderung mengalami dehidrasi saat berlari untuk waktu yang lebih lama.

Selain itu, air dingin juga membantu menurunkan detak jantung dan mempercepat pemulihan ketika mengalami kelelahan atau cedera otot. 

Meningkatkan Performa Lari
Penelitian mengungkapkan bahwa minum air dingin dapat meningkatkan kinerja dan performa lari sekitar 50 persen selama sesi latihan 60 menit. Minuman dingin juga lebih nikmat sehingga pelari akan cenderung minum sekitar 50 perseb lebih banyak cairan. Hal inilah yang membuat pelari terhindar dari dehidrasi selama berolahraga. Performa saat berlari pun lebih optimal.

Membakar Lebih Banyak Kalori
Minum air dingin ternyata dapat membakar kalori lebih banyak. Tentu manfaat ini sangat bagus bagi kamu yang sedang melakukan program diet.

Dilansir dari Very Well Fit,  terdapat penelitian yang melibatkan 50 wanita berusia 18-23 tahun dengan minum 1,5 liter air 30 menit sebelum sarapan, makan siang, dan makan malam memberikan beberapa penurunan berat badan.

Apa yang Harus Diperhatikan?
Sebelum mengonsumsi air dingin kamu perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

- Hindari minuman dengan suhu yang terlalu dingin atau menggunakan es. Dikhawatirkan ketika kamu minum air es, tubuh akan mengalami shock . Selain itu air es juga sulit diserap oleh tubuh.

- Usahakan untuk memberikan perasa pada air dingin. Perasa alami seperti perasan jeruk atau lemon akan menambah kenikmatan saat minum. Sehingga kamu lebih banyak mengonsumsi air. Hindari untuk menambah perasa sintetik atau minuman bubuk. (*) 

Foto: Runner's World


COMMENTS