Sir Mo Farah Dipastikan Ikuti London Marathon 2022
by - July 07, 2022
Sir Mo Farah Dipastikan Ikuti London Marathon 2022
by Dika Afandi N - July 07, 2022

Sir Mo Farah dipastikan ikut London Marathon 2022 pada 2 Oktober nanti. Banyak yang tak menyangka. Sebab pelari 39 tahun itu diisukan pensiun setelah kekalahannya di London 10K. Ia harus puas menjadi runner up kala itu.

Mo Farah kali terakhir mengikuti London Marathon pada 2018 lalu. Kala itu ia finis di urutan ketiga dengan mencatat waktu 2 jam 5 menit 11 detik. Sekarang ia tertantang untuk mengikuti perlombaan full marathon kembali. Farah ingin menguji dirinya apakah masih kuat untuk berlari atau tidak.

“Semua orang tahu betapa saya menyukai London Marathon. Jadi, saya sangat bersemangat mengikuti di tahun 2022 ini,” ucap pria kelahiran Somalia ini.

Demi ingin tampil cemerlang di London Marathon 2022, Mo Farah lebih dahulu mencoba “The Big Half”. Sebuah kompetisi half marathon yang akan dihelat September nanti.

Event Director London Marathon, Brasher mengaku senang dengan kehadiran Mo Farah. Sebab London merupakan kampung halamannya. Apalagi, Brasher pernah menjadi saksi pria 39 tahun itu memenangkan Mini Marathon di ibu kota Inggris itu.

“Farah merupakan pria Inggris tercepat dalam sejarah marathon. Ia pernah finis ketiga di London Marathon 2019. Juga menjadi pemenang di Chicago Marathon 2018. Tentunya saya tidak sabar melihatnya kembali berlari,” ucap Brasher.

Pemain bernama lengkap Mohamed Muktar Jama Farah ini, mengawali karier pada 1996. Ia sudah banyak mendulang pretasi. Farah pernah menyabet emas di Olimpiade Beijing, London, dan Rio de Janeiro untuk kategori 5000 meter. Sedangkan medali untuk kategori lari 10.000 meter ia dapatkan di Olimpiade London dan Rio de Janeiro saja.

Dalam kejuaraan dunia, Farah merupakan atlet yang disegani. Ia menyabet emas di Kejuaraan Dunia Moskow untuk nomor 5.000 meter dan 10.000 meter. Torehan itu berlanjut hingga Kejuaraan Dunia di Beijing. (*)

Foto: Thomas Lovelock/PA


COMMENTS