5 Tips Keamanan yang Perlu Diperhatikan Pelari Wanita
by - July 05, 2022
5 Tips Keamanan yang Perlu Diperhatikan Pelari Wanita
by Soffya Ranti - July 05, 2022

Berlari di luar memang menyenangkan. Selain jarak dan kecepatan yang bisa kamu atur lebih leluasa. Kamu juga bisa menikmati udara segar dan pemandangan di luar. Berlari di luar bisa menghilangkanmu rasa bosan dari rutinitas sehari-hari.

Namun perlu diperhatikan bagi kamu yang hobi berlari di luar.  Keamanan menjadi salah satu yang harus diperhatikan. Tak hanya masalah keamanan saat berlari. Kamu juga harus selalu aware di lingkungan sekitarmu. 

Kejahatan bisa terjadi kapan saja. Meski selama ini kamu tidak pernah mengalaminya namun tidak ada salahnya jika selalu waspada. Terlebih lagi para pelari wanita yang lebih senang berlari di malam hari. Kamu harus benar-benar memperhatikan lingkungan sekitarmu. Maka dari itu untuk meningkatkan rasa kewaspadaan saat berlari.

Berikut ini beberapa tips keamanan yang perlu kamu perhatikan:

1. Hindari Berlari dengan Mendengarkan Musik
Mendengarkan musik saat berlari memang sangat bermanfaat. Namun sebaiknya jangan pasang headphone/earphone saat berlari di luar ruangan. Dikhawatirkan nantinya kamu kurang peka terhadap lingkungan sekitar. Kamu menjadi kurang fokus pada rute perjalanan saat berlari. Hal inilah yang cukup membahayakanmu.

2. Hindari Membagikan Rute Lari ke Media Sosial
Berbagi momen di media sosial memang tak ada salahnya. Terlebih lagi jika kamu berbagi kegiatan positif seperti olahraga. Namun perlu diperhatikan saat berlari hindari membagikan rute berlarimu. Hal ini akan membahayakan kegiatanmu dalam berlari. Bisa saja orang yang tak dikenal akan mengintaimu dari rute perjalanan lari yang dibagikan di media sosial.

3. Bawa Alat Perlindungan Diri
Tak ada salahnya membawa alat perlindungan diri. Salah satu contoh alat perlindungan yang praktis dibawa ketika berlari adalah semprotan merica. Alat ini cukup mudah dibawa kemana-mana dan bisa jadi alat perlindungan diri yang efektif.

4. Jangan Lupa Membawa Ponsel
Membawa ponsel saat berlari memang cukup ribet. Namun kamu harus membawanya sebagai alat perlindungan jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Kamu bisa meminta pertolongan dengan menghubungi pihak yang berwajib.

Beri Tahu Orang Terdekat Tentang Rute Larimu
Sebelum berlari usahakan untuk memberitahu orang terdekat di mana saja rutemu. Selain rute, kamu juga bisa berkabar berapa lama kamu akan berlari. Ini berguna agar orang terdekat dapat mengetahui keberadaanmu jika terjadi hal yang tidak diinginkan.(*) 

Foto: Philadelphia Magazine


COMMENTS