Pernah Alami Toenail karena Rajin Lari? Begini Cara Mengatasinya...
by - November 17, 2020

Salah satu masalah yang kerap dialami para pelari adalah toenail alias kuku kaki menghitam atau hematoma subungual. Ini adalah kondisi di mana darah yang terkumpul di bawah kuku. Dokter Khusus olaharaga di RS Bedah New York Jordan Metzl, M.D. menjelaskan situasi tersebut terjadi akibat cedera. Untuk menghindari masalah itu, kenali lebih dekat apa itu toenail.

1. Penyebab Toenail

Penyebab paling umum adalah trauma berulang, yang disebabkan penggunaan sepatu yang tidak tepat. Bisa karena sepatu terlalu ketat ataupun sebaliknya, terlalu longgar. Selain itu, masalah infeksi jamur, sepeti kutu air juga bisa membuat kuku berubah warna menjadi kuning, hijau, coklat,ungu dan hitam.

 

2. Cara Mencegah Toenail

Masalah tersebut lebih sering terjadi kepada pelari jarak jauh atau dengan intensitas tinggi ketimbang para pelari pemula. Tetapi pemula pun harus mengetahui supaya tidak mengalaminya. 

Trauma berulang seperti gesekan kuku jari dengan ujung sepatu turut menjadi salah satu penyebab. Untuk itu, sebaiknya pelari memotong kuku secara terarut. Lalu memilih sepatu yang cukup lebar di bagian depan untuk menghindari gesekan dengan ujung sepatu.  

 

3. Cara Merawat Toenail

Jangan khawatir jika anda mengalami toenail. Dalam beberapa kasus ringan, tidak perlu adanya perawatan khusus. Tetapi dalam beberpa kasus, masalah tersebut bisa menyebabkan rasa nyeri, ketika banyak darah mengumpul di bawah kuku.

Jika itu terjadi, segera berobat ke dokter anda. Hindari melakukan penanganan sediri di rumah. Supaya tidak terjadi infeksi lanjutan.

 

4. Cara Menyembuhkan Toenail

Hal pertama yang harus dilakukan jika kuku hitam robek dan menyebabkan cedera, yakni tekan sampai penderahan berhenti. Lalu oleskan salep antibiotik dan tutup dengan perban untuk mencegah infeksi. Lakukan proses tersebut setiap hari setelah mandi sampai luka menutup. Proses tersebut butuh waktu sekitar satu hingga dua minggu. 

Tetapi, dalam kasus mikrotrauma berulang ketika berlari hingga membuat kuku bisa saja terlepas tanpa mengeluarkan darah. Jika itu terjadi, Anda tetap harus menggunakan salep antibiotik dan perban untuk mencegah infeksi. "Biasanya saat kuku terlepas, bantalan kuku anda menjadi kurang sensitif, dan rasa sakitnya akan ringan,” kata Metzl. Selanjutnya kuku baru akan tumbuh antara enam hingga delapan pekan.(*)

 


COMMENTS
MOST RECENT