Accrington 10K Marathon dan Penghargaan untuk Mendiang Ron Hill
by - June 15, 2022

Ron Hill, salah satu pelari terbaik dalam sejarah Inggris, akhirnya mendapatkan penghargaan anumerta. Salah satu badan amal, Running Bee Foundation, menggelar sebuah perlombaan marathon untuk mengenang Hill di kota kelahirannya, Accrington.

Event marathon ini digelar pada 14 Agustus 2022. Menempuh total jarak 10 kilometer, Start di Balai Kota Accrington. Peserta juga melewati Ron Hill Wat dan May Hill Close, sebuah jalan yang didedikasikan untuk mengenang Hill dan istrinya.

Ketua Running Bee Foundation Jan Collins menyebut Hill sebagai legenda. "Warisannya layak mendapat pengakuan khusus. Tidak hanya mengingatkan kita pada Hill saja, tetapi juga bisa membantu orang lain untuk mengikuti langkahnya," tegas Collins.

Selain marathon, akan ada pemberian dana untuk mendukung para atlet muda dan klub atletik di Tameside, tempat Hill tinggal. Dana ini akan diberikan rutin setiap tahun.

Hill meninggal pada 23 Mei 2021. Ia merupakan orang Inggris pertama yang berhasil memenangkan di Boston Marathon pada 1970. Selain itu, ia juga memegang rekor marathon dunia dan merengkuh emas marathon di Commonwealth Games 1970 di Edinburgh.

Ia pernah tampil di tiga edisi Olimpiade pada 1964, 1968, dan 1972. Saat ini Hill juga dinobatkan sebagai orang Inggris tercepat urutan ke-12. Hill memutuskan berhenti berlari di usia 78 tahun. (*)

Foto: Mark Shearman


COMMENTS